Selasa, 29 Desember 2009

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI KOMPUTER PADA SMK NEGERI 5 PALEMBANG

A. Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan Internet.
e-Learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer (Soekartawi, 2003). Karena itu e-learning sering disebut juga dengan on-line course. Dalam berbagai literature e-learning tidak dapat dilepaskan dari jaringan Internet, karena media ini yang dijadikan sarana untuk penyajian ide dan gagasan pembelajaran. Namun dalam perkembangannya masih dijumpai kendala dan hambatan untuk mengaplikasikan sistem e-learning ini, antara lain : (a) Masih kurangnya kemampuan menggunakan Internet sebagai sumber pembelajaran; (b) Biaya yang diperlukan masih relativ mahal untuk tahap-tahap awal; (c) Belum memadainya perhatian dari berbagai pihak terhadap pembelajaran melalui Internet dan (d) Belum memadainya infrastruktur pendukung untuk daerah-daerah tertentu (Soekartawi, 2003).
Selain kendala dan hambatan tersebut di atas, kelemahan lain yang dimiliki oleh sistem elearning ini yaitu hilangnya nuansa pendidikan yang terjadi antara pendidik dengan peserta didik, karena yang menjadi unsur utama dalam e-learning adalah pembelajaran. Maka dengan melihat kelemahan dan kekurangan tersebut, para ahli berusaha menjawab fenomena ini dengan mengembangkan sistem e-education. Sistem ini telah didiskusikan secara aktif pada beberapa dekade terakhir ini. Pengembangan sistem e-education ini telah memberi inspirasi untuk mengembangkan e-media secara optimal guna percepatan pemerataan layanan pendidikan kepada masyarakat (Oetomo dan Priyogutomo, 2004). Dimana selain masyarakat memperoleh endidikan melalui pendidikan formal, juga didukung oleh pendidikan melalui emedia,sebagai wujud dari pendidikan yang mandiri. e-Education dengan pemanfaatan e-media, juga ditujukan untuk mengatasi persoalan elearning, dimana e-media dapat dijadikan alternative terdekat jika tidak ada koneksi ke Internet.
Strategi mengajar menurut Muhibbin Syah (2002), didefiniskan sebagai sejumlah langkah yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. Strategi mengajar ini mencakup beberapa tahapan, seperti :
1. Strategi perumusan sasaran proses belajar mengajar (PBM), yang berkaitan dengan strategi yang akan digunakan oleh pengajar dalam menentukan pola ajar untuk mencapai sasaran PBM.
2. Strategi perencanaan proses belajar mengajar, berkaitan dengan langlah-langkah pelaksanaan mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Dalam tahap ini termasuk perencanaan tentang media ajar yang akan digunakan.
3. Strategi pelaksanaan proses balajar mengajar, berhubungan dengan pendekatan system pengajaran yang benar-benar sesuai dengan pokok bahasan materi ajar.
Dalam pelaksanaannya, teknik penggunaan dan pemanfaatan media turut memberikan andil yang besar dalam menarik perhatian mahasiswa dalam PBM, karena pada dasarnya media mempunyai dua fungsi utama, yaitu media sebagai alat bantu dan media sebagai sumber belajar bagi mahasiswa (Djamarah, 2002; 137). Umar Hamalik (1986), Djamarah (2002) dan Sadiman, dkk (1986), mengelompokkan media ini berdasarkan jenisnya ke dalam beberapa jenis :
a. Media auditif, yaitu media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti tape recorder.
b. Media visual, yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan dalam wujud visual.
c. Media audiovisual, yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, dan media ini dibagi ke dalam dua jenis


B. Profil Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Palembang

Sekolah Menengah Keguruan (SMK) Negeri 5 Palembang adalah sekolah menengah kejuruan kelompok bisnis management. SMK N 5 Palembang berdiri tahun 1976 dengan nama Sekolah Menengah Pekerja Sosial (SMPS), yang lama waktu belajar (jenjang pendidikan) selama 4 tahun, perubahan nama dari SMPS menjadi Negeri 5 pada tahun ajaran 1997/1998 menjadi kelompok bisnis management mulai dibuka penerimaan siswa pada tahun ajaran 1998/1999 sebanyak 6 kelas yang terdiri dari : 1 kelas jurusan akutansi, 2 kelas jurusan menejemen bisnis dan 3 kelas jurusan sekretaris, dan Sekolah Menengah Pekerja Sosial (SMPS) tamatan terakhir pada tahun ajaran 2002/2003.
Pada perkembangannnya SMK Negeri 5 mengalami penambahan lokal, sarana pembelajaran dan jurusan untuk mememenuhi standar sekolah kejuruan agar dapat memenuhi tuntutan dunia kerja yang semakin lama semakin kompetitif. Pada tahun ajaran 2009/2010, SMK Negeri 5 Palembang membuka 8 kelas ( 40 siswa) dengan 4 program jurusan yang terdiri dari :
1. Program keahlian Akutansi 3 kelas
2. Program keahlian Adm Perkantoran 2 kelas
3. Program keahlian Penjualan 2 kelas
4. Program keahlian Multimedia 1 kelas

Jumlah Siswa SMK Negeri 5 Palembanga pada tahun 2009/2010 keseluruhan 857 siswa dengan 111 laki-laki dan 746 perempuan dengan 23 kelas. Terdiri dari :
1. Program keahlian Akutansi 9 kelas
2. Program keahlian Adm Perkantoran 7 kelas
3. Program keahlian Penjualan 6 kelas
4. Program keahlian Multimedia 1 kelas

C. Hasil Observasi Pemanfaatan Teknologi dan Informatika sebagai media pembelajaran dan adminitrasi pada SMK N 5

Pelaksanan observasi diSMKN 5 laksanakan pada tanggal 2 dan 9 Desember 2009, observe melakukan pengamatan meliputi :
1. Sarana dan Pemanfaatan Teknologi dan Informatika Komputer
Dalam pengamatan SMK Negeri 5 Palembang penggunaan sarana Teknologi dan Informatika Komputer, meliputi :
1.1 Lab. Komputer
Laboratorium Komputer digunakan untuk mempelajari penggunaan dan kerja komputer. Kondisi Laboratorium sebagai berikut:
a. Ruangan 14 x 9 meter
b. Jumlah Komputer 40 Unit dengan 25 unit yang kondisi baik
c. 1 LCD dan 1 layar
d. Sistem jaringan Internet
Labotorium komputer digunakan juga untuk ujian secara online berbagai mata pelajaran yang dimana hasil ujian dapat diketahui hasil nilai.

1.2 Lab. Bahasa
Laboratorium Bahasa digunakan untuk mempelajari listening bahasa Inggris, dengan dilengkapi sebagai berikut:
a. Media Komputer
b. Kontrol Audio
c. Lauds Speker dan hands set
d. 1 LCD

1.3 Kelas Mutimedia
Kelas Multimedia digunakan untuk proses belajaran dengan penggunaan dengan berbagai media. Kondisi kelas Media meliputi:
a. Ruangan 12 x 9 meter
b. Jumlah Komputer 2 Unit dengan kondisi baik
c. 1 LCD dan 1 layar
d. Sistem jaringan Internet



1.4 Perpustakaan
Perpustakaan tempat koleksi buku, penggunaan Teknologi dan Informatika computer dilakuakan dengan penambahan internet untuk sebagai tambahan referensi. Untuk pengunaan katolog perpustakaan dan pengunjung masih menggunakan manual.

1.5 Tata Usaha
Tata Usaha yang difungsikan sebagai mengelola administrasi sekolah hanya dilengkapi computer yang digunakan hanya pengetikan data yang diperlukan.

2. Kelebihan dan kekurangan Teknologi dan Informatika Komputer pada SMK Negeri 5 Palembang.
Pengguanan Teknologi dan Informatika Komputer pada SMK Negeri 5 Palembang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan.

Kelebihan TIK :
1. Internet sebagai media Informasi dalam pembelajaran
2. Jaringan online untuk evaluasi berbagai mata pelajaran
3. Audio dan video visual dalam listening bahasa Inggris.
4. Komputer digunakan penyelesaian data-data penting.

Kekurangan
1. Internet dilakukan hanya siswa tertentu karena terbatasnya jumlah komputer.
2. Jaringan online tidak jalan maksimal dikarenakan kemampuan guru dalam pengusahan pengetikan soal.
3. Audio dan video tidak maksimal hanya digunakan untuk listening Inggris, semestinya bisa digunakan pada mata pelajaran yang lain.
4. Komputer digunakan digunakan tidak maksimal semestinya, tidak digunakan untuk pengarsipan data sekolah dan kemajuan sekolah yang lebih baik dan rapi karena masih menggunakan manual.

D. Penutup

Dalam penggunaan Teknologi dan Informatika Komputer (TIK) dapat membantu prosesnya kegiatan belajar dan evaluasi belajar siswa serta administrasi sekolah, sehingga dapat menghasilan sumber daya manusia yang andal dan keteraturan serta ketertiban adminitrasi sekolah. Tetapi dalam kenyataan kekurangan pengajar dan ahlinya, serta sarana pendukung tentunya tidak akan memperoleh hasil yang maksimal.

E. Tinjauan Pustaka

Adri. Muhammad, 2005. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Media Pembelajaran. http://muhammadadri. wordpres.com. 5 November 2009.
_____, Data dan Arsip SMK Negeri 5 Palembang, 9 November 2009.

1 komentar:

  1. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih

    Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM)
    STMIK IM & STAN IM
    Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018
    1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT
    2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT
    3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT
    4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT
    Kelas Reguler dan Karyawan
    Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun)
    Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester).
    Pendaftaran :
    Kelas Reguler
    Kelas Karyawan

    Info lengkap :
    www.imandiri.id/pmb 🌎www.stmik-im.ac.id 🌎www.stan-im.ac.id Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180
    Fax : (022) 7271693
    WhatsApp : 082211888879
    Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id
    Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272
    Jawa Barat – Indonesia

    BalasHapus