Selasa, 29 Desember 2009

DEFINISI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

I. DEFINISI PENDIDIKAN

· Definisi pendidikan menurut Hartoto (2009) :

a. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya

Sebagai proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Nilai-nilai budaya tersebut mengalami proses transformasi dari generasi tua ke generasi muda. Ada tiga bentuk transformasi yaitu nilai-nilai yang masih cocok diteruskan misalnya nilai-nilai kejujuran, rasa tanggung jawab, dan lain-lain.

b. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi

Sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagi suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik. Proses pembentukan pribadi melalui 2 sasaran yaitu pembentukan pribadi bagi mereka yang belum dewasa oleh mereka yang sudah dewasa dan bagi mereka yang sudah dewasa atas usaha sendiri.

c. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara

Pendidikan sebagai penyiapan warganegara diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga negara yang baik.

d. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja

Pendidikan sebagai penyimpanan tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasar utuk bekerja. Pembekalan dasar berupa pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kerja pada calon luaran. Ini menjadi misi penting dari pendidikan karena bekerja menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.

e. Definisi Pendidikan Menurut GBHN

GBHN 1988 (BP 7 pusat, 1990: 105) memberikan batasan tentang pendidikan nasional sebagai berikut: pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa indonesia dan berdasarkan pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 diarahkan untuk memingkatkan kecerdasan serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

· Definisi Pendidikan dalam http://dimasputra16.wordpress.com/2008/05/26/definisi-pendidikan/ :

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi.

· Definisi Pendidikan Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional:

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsadannegara.

· Pendidikan (1989) adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang (Mozaik :330,331)

·

· Pendidikan adalah pemberdayaan bagi manusia didik dalam menghadapi dinamika kehidupan maka pemahaman tentang wacana kemanusiaan secara utuh merupakan keniscayaan sebagai pernyataan heterogen bahwa eksistensis manusia adalah eksistensis bersama (Fatah Syukur :14).

·

· Pendidikan diartikan sebagai upaya mengembangkan kualitas pribadi manusia dan membangun karakter bangsa yang dilandasi nilai-nilai agama, filsafat, psikologi, sosial budaya, dan ipteks yang bermuara pada pembentukan pribadi manusia bermoral dan berakhlak mulia serta berbudi luhur. (Rujukan Filsafat, 2008)

· Pendidikan diartikan sebagai upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki idealisme nasional dan keunggulan profesional, sertas kompetensi yang dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa dan negara. (Rujukan Filsafat, 2008)

·

· Definisi Pendidikan menurut Nur Uhbiyati (1998) :

Pengertian pendidikan bahkan lebih diperluas cakupannya sebagai aktivitas dan fenomena. Pendidikan sebagai aktivitas berarti upaya yang secara sadar dirancang untuk membantu seseorang atau sekelompok orang dalam mengembangkan pandangan hidup, sikap hidup, dan keterampilan hidup, baik yang bersifat manual (petunjuk praktis) maupun mental, dan sosial sedangkan pendidikan sebagai fenomena adalah peristiwa perjumpaan antara dua orang atau lebih yang dampaknya ialah berkembangnya suatu pandangan hidup, sikap hidup, atau keterampilan hidup pada salah satu atau beberapa pihak, yang kedua pengertian ini harus bernafaskan atau dijiwai oleh ajaran dan nilai-nilai Islam yang bersumber dari al Qur’an dan Sunnah (Hadist).

· Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli :

Menurut Juhn Dewey pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana diahidup.(A.Yunus,1999:7)

Definisi Pendidikan Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
(A.Yunus,1999:7)

Menurut Frederick J. Mc Donald, pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia. Yang dimaksud dengan behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang, sesuatu yang dilakukan oleh sesorang. (A. Yunus, 1999 : 7- 8)


Menurut M.J. Langeveld, pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung. http://www.idonbiu.com/2009/07/definisi-pendidikan-secara-umum.html

· Definisi Pendidikan dalamhttp://www.g-excess.com/id/pages/definisipendidikan.html

Pendidikan dapat dipandang sebagai proses membantu peserta didik untuk mencapai tingkat perkembangan yang optimal dalam seluruh aspek kepribadiannya sesuai dengan potensi yang dimiliki dan sistem nilai yang berlaku di lingkungan sosial-budaya dimana dia hidup.

· Definisi pendidikan dalam mata pelajaran Pengantar Pendidikan(2009) :

Education is as deliberate, systematic, and sustained effort to transmit, evoke, or acquire knowledge, attitudes, skills, or sensibilities, as well as any outcomes of that effort.



II. DEFINISI TEKNOLOGI

· Technology is a rational discipline designed to assure the mastery of man over physical nature, through the application of scientifically determined laws (Simon, 1983, p.173).

· Technology includes processes, systems, management and control mechanisms both human and non human, and a way of looking at the problems as to their interest and difficulty, the feasibility of technical solutions, and the economic values, broadly considered-of those solutions (Finn, 1960, 0.10).

· Pengertian Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi). (http://cheuw.com/arti-teknologi/)

· Menurut Perdinand Braudel

Teknologi adalah segala sesuatu teknologi bukannya sekedar aplikasi ilmu pengetahuan melainkan juga perbaikan, proses serta sarana yang memungkinkan suatu generasi menggerakkan pengetahuan generasi sebelumnya sebagai dasar bertindak.

· Teknologi merupakan hasil rekayasa manusia yang diciptakembangkan untuk mengatasi masalah atau keterbatasan manusia(Fatah Syukur)

· Teknologi menurut Gaibraith dapat diartikan sebagai Penerapan sistematik dari pengetahuan ilmiah/terorganisasikan dalam hal-hal yang praktis (Fatah Syukur:3)

· Teknologi merupakan penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi merupakan Aplikasi ilmu dan engineering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek. (http://cheuw.com/arti-teknologi/)

· Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.

·

· Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian, penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah teknologi.

·

· Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.

·

· Throughout the twentieth century the uses of the term have increased to the point where it now encompasses a number of “classes” of technology:

a. Technology as Objects:
Tools, machines, instruments, weapons, appliances - the physical devices of technical performance

b. Technology as Knowledge:
The know-how behind technological innovation

c. Technology as Activities:
What people do - their skills, methods, procedures, routines

d. Technology as a Process:
Begins with a need and ends with a solution

e. Technology as a Sociotechnical System:
The manufacture and use of objects involving people and other objects in combination

f. http://atschool.eduweb.co.uk/trinity/watistec.html

· Finn, 1960 sebagaimana dikutip oleh Gentry menyatakan, “selain diartikan sebagai mesin, teknologi bisa mencakup proses, sistem, manajemen, dan mekanisme pantauan; baik manusia itu sendiri atau bukan, serta …… secara luas, cara pandang terhadap masalah berikut lingkupnya, tingkat kesukaran, studi kelayakan, serta cara mengatasi masalah secara teknis dan ekonomis”.

· Dalam hal yang sama, ia mengutip pula konsep Simon (1983) yang berbunyi, “teknologisebagai disiplin rasional, dirancang untuk meyakinkan manusia akan keahliannya menghadapai alam fisik atau lingkungan melalui penerapan hukum atau aturan ilmiah yang telah ditentukan”.

· Disamping kedua definisi, pemikiran Saettler tidak jauh berbeda. Beliau mengutip asal katanya – techne, bahasa Yunani, dengan makna seni, kerajinan tangan, atau keahlian. Kemudian ia menerangkan bahwa teknologi bagi bangsa Yunani kuno diakui sebagai suatu kegiatan khusus, dan sebagai pengetahuan. Pendapat Saettler ini mengacu pada konsep Mitcham. Ia mencantumkan uraian Aristotle tentang techne sebagai penerapan (ilmu) pengetahuan sistematis agar menghasilkan kegiatan (manusia) yang baik.

· Pendapat Heinich, Molenda, dan Russell, 1993 memperkuat asumsi sebelumnya.

Menurut mereka, “teknologi merupakan penerapan pengetahuan yang ilmiah, dan tertata…… teknologi sebagai suatu proses atau cara berpikir bukan hanya produk seperti komputer, satelit, dan sebagainya”.

(Modultp-DSP\home-modulkb1rev.doc 8)

III. DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

· Berdasarkan definisi AECT 2004 ( AECT Definition and Terminologi Committee document #MM4.0 ), Teknologi Pendidikan adalah :

Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources.(Teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi.)

· Menurut Prof.Dr.YusufHadi Miarso, M.Sc, Teknologi pendidikan adalah :

a. Suatu proses yang kompleks dan terintegrasi meliputi manusia, laat, dan sistem, termasuk diantara gagasan, prosedur dan organisasi

b. Suatu bidang yang berkepentingan dengan pengembangan secara sistematis berbagai macam sumber belajar, termasuk didalamnya pengelolaan dan penggunaan sumber tersebut

c. Suatu bidang profesi yang terbentuk dengan adanya usaha terorganisasikan dalam mengembangkan teori, melaksanakan penelitian, dan aplikasi praktis perluasan, serta peningkatan sumber belajar.

d. Bergerak dalam keseluruhan bidang pendidkan dan mengusahakan terciptanya keseimbangan kerjasama yang selaras dengan berbagai profesi pendidikan lain.

·

· Educational technology is concerned with the overall methodology and set of techniques employed in the application of instructional principles (Cleary et al., 1976)

· Educational technology is a complex, integrated process involving people, procedurs, ideas, devices and organization, for analyzing problems and devising implementing, evaluating and managing solutions to those problems, involved in all aspects of human learning (AECT Task force, 1977, p.164)

· Educational technology is a field involved in the facilitation of human learning through the systematic indentification, development, organzation, and utilization of a full range of learning resources and through the management of the processes (Elly, 1972, p.36)

· Teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia. ( Nasution, 2008)

· Teknologi pendidikan adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidkan, penerapan metode problem solving dalam pendidkan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern, akan tetapi juga tanpa alat-alat itu.(Nasution, 2008)

· Teknologi pendidikan adalah segala sesuatu yang di lakukan untuk membantu proses belajar atau segala menyelesaikan masalah masalah belajar yang di hadapi peserta didik sehingga tercipta proses belajar pada peserta didik. (by cipret)

Teknologi Pendidikan adalah proses yang kompleks yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/ pendidikan. (Prof. Sutomo dan Drs. Sugito, M.Pd)

· Teknologi Pendidikan yaitu suatu usaha untuk mengembangkan alat untuk mencapai
atau menemukan solusi permasalahan(Mackenzie, dkk” (1976)

· Teknologi Pendidikan merupakan studi sistematik mengenai cara bagaimana tujuan pendidikan dapat dicapai”. Definisi sebelumnya meliputi istilah, “mesin”, instrumen” atau “media”, sedangkan dalam definisi MacKenzie dan Eraut ini tidak menyebutkan perangkat lunak maupun perangkat keras, tetapi lebih berorientasi pada proses.( MacKenziedanEraut(1971))

DAFTAR PUSTAKA

Anglin, Gary J. 1995. Instructional Technology. Englewood, colo: Libraries Unlimited.

Azhie. 2009. Definisi Pendidikan. Diundu tanggal 7 September 2009 dalam http:/wikipedia.com.

Hartoto. 2009. Definisi Pendidikan. Diundu tanggal 3 September 2009 dalam http://tekpend-unm.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=62.

Januszewski, Alan dan Michael Molenda. 2008. Educational Technology. Group LLC: New York.

Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidkan. Kencana : Jakarta.

Putra, Dimas. 2008. Definisi Pendidikan. Diundu tanggal 3 September 2009 dalam http://dimasputra16.wordpress.com/2008/05/26/definisi-pendidikan/

Uhbiyati, Nur. 1998. Definisi Pendidikan Secara Umum. Diundu tanggal 5 September 2009 dalam http://wanipintar.blogspot.com/2009/07/definisi-pendidikan-secara-umum.html

http://www.idonbiu.com/2009/07/definisi-pendidikan-secara-umum.html

(Sumber : http://tekpen07b.blogspot.com/2009/03/definisi-teknologi-pendidikan.html)

(Sumber : http://www.scribd.com/doc/11710114/Makalah-Teknologi-Pendidikan-Berorientasi-Pada-Learner)

http://atschool.eduweb.co.uk/trinity/watistec.html

Modultp-DSP\home-modulkb1rev.doc 7

TUGAS MATA KULIAH

LANDASAN DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

”DEFINISI PENDIDIKAN, DEFINISI TEKNOLOGI DAN DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN”

OLEH


ANDRI YANTO

(20092513062)

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

PROGRAM PASCA SARJANA

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

PALEMBANG

2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar